Cara Simple Rawat Mesin Mobil

Halo bro, ketemu lagi dengan sharetrans.id di blog nih. Setelah sebelumnya bahas tentang opini kita tentang mendingan sewa atau beli mobil kali ini kita bakal kasi tips mengenai cara simpel rawat mesin mobil temen-temen agar tetap prima pas digunakan.

 

Mobil atau kendaraan pribadi kita bisa kita anggap sebagai “sobat” kita yang siap kita ajak ke manapun kapanpun. Namun, kita sering kurang ada waktu buat “sobat” kita untuk mandiin dia, kasi vitamin dia, kasi treatment ke dia, pokoknya kita cuma sering make dia aja #janganSalahKaprah :D. ShareTrans perjelas lagi dah xD, kita pokoknya jarang service, jarang ganti oli, jarang cek tekanan ban, dan segala yang jarang-jarang yang bikin kendaraan kita performanya bakal menurun.

Malas Ngerawat Mobil

Kadang kita mikir nih, cuma mobil yang punya usia lanjut aja yang perlu perawatan padahal mobil barupun perlu perawatan juga bro. Perawatan yang dilakukan secara berkala, baik dan benar, bakal bikin mobil kita punya performa yang enak bro. Simpelnya, kita mau kasi tau kalo faktanya ngerawat mobil itu gampang yang penting cek oli mesin, filter udara, cairan radiator, dan menggeber mobil kita sewajarnya aja.

mobil melaju mulus

Ok dah, cukup cuap”nya yak. Langsung aja deh kita #shareTrans cara simpel untuk ngerawat mobil kesayangan kita.

1. Ganti Oli Berkala

Kinerja sebuah mesin sangat bergantung dengan perawatan yang satu ini. Untuk menjaga kondisi mesin mobil agar selalu prima oli mobil selayaknya wajib diganti secara berkala dan tepat waktu sesuai dengan aturan standar masing-masing tipe mobil, pada umumnya penggantian oli setelah kendaraan menempuh jarak 3000 km hingga 5000 km.

ganti oli

Selain itu pemilihan oli yang tepat sesuai dengan kebutuhan standar mesin mobil dapat menghindari terjadinya panas berlebih pada mesin mobil. Oli sangat berperan penting terhadap ketahanan sebuah mesin mobil, dimana oli memiliki peran menahan gesekan yang terjadi pada sebuah mesin.

 

2. Cek Cairan Radiator atau Coolant

kap mobil terbuka

Peranan radiator sangat penting untuk menetralisir panas mesin mobil. Jika air radiator kosong bukan hanya menimbulkan kerusakan pada mesin, namun juga dapat membahayakan pengemudi kendaraan. Kekosongan air pada radiator akan menimbulkan panas yang disebut overheat pada mesin. Melihat betapa pentingnya radiator terhadap kondisi mesin, maka selayaknya memeriksa air pada radiator mobil anda secara berkala.

 

3. Rajin Bersihin Filter Karburator

radiator

Salah satu faktor penyebab mesin mobil terkadang susah dihidupkan antara lain adalah saringan karburasi filter mobil yang kotor. Membersihkan saringan filter karburasi ini tidaklah sulit cukup gunakan sikat gigi untuk melepas kerak dan kotoran yang menempel pada sarigan. Hindari penggunaan hairdryer atau compressor ketika membersihkan filter karburasi hal ini akan beresiko menimbulkan kerusakan pada lapisan filter karburasi.

 

  1. Geber Mobil Sewajarnya Gan 😀

Comic guy driving convertible.

Mesin mobil yang digunakan dalam jangka waktu lama tentu akan menghasilkan kerak pada beberapa bagian mesin. Untuk mengatasinya mudah sekali, cukup memacu kendaraan dengan menginjak gas lebih dalam agar kerak yang terdapat pada mesin dapat keluar melalui knalpot. Tentunya kita harus memperhatikan keamanan berkendara ketika mencoba memacu kendaraan anda lebih cepat.

 

Nah, temen-temen. Intinya nih kita make mobil jangan lupa juga ngerawat, wong ngerawatnya simpel kok #jauhinMalas :D. ShareTrans harap tips yang kita kasi bisa bermanfaat buat temen-temen.

 

Akhir kata, makasi udah main-main ke sini. Kalo bisa sih sering-sering mainnya :D. Kritik dan saran kami tunggu di hello@sharetrans.id.

 

ShareTrans – Sewa Mobil Gak Pake Ribet.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer