http://www.viva.co.id/otomotif/mobil/822075-menghitung-biaya-servis-bulanan-mobil-lawas

Jenis-Jenis Sensor Pada Mobil Beserta Fungsinya

Mobil sekarang bukan hanya sekedar kendaraan beroda empat, tapi bisa dikatakan mobil sekarang adalah alat elektronika yang berjalan yang dibantu dengan roda empat, sebuah sensor pasti akan ditanamkan agar mendapat data yang tepat akan kondisi mobilnya, Tentunya sebagai pengendara yang baik kita harus mengetahui jenis-jenis sensor itu, antara lain

1. Oil pressure sensor

https://www.americanmuscle.com

Oil pressure sensor akan mendeteksi tekanan oli didalam mesin, sebelumnya ada komponen bernama oil level switch yang akan mematikan mesin saat ketinggian oli berkurang. Namun komponen ini tidak bekerja efektif saat mesin bekerja. Oil pressure sensor bekerja saat mesin sedang menyala. Saat tekanan oli didalam mesin berkurang, sensor ini akan mengirimkan peringatan ke pengemudi melalui indicator oli. Namun, Jika tekanan oli drop, secara otomatis mesin akan berhenti.

2. Oxygen sensor

https://www.otosia.com/berita/

Sensor selanjutnya, sangat berguna untuk menentukan emisi yang dikeluarkan mesin. Pasalnya, oxygen sensor ini akan mendeteksi kadar oksigen didalam gas buang. Oksigen yang terkandung didalam gas buang mengindikasikan pembakaran yang kurang sesuai. Sehingga, informasi dari sensor ini sangat berguna untuk menentukan pengapian yang lebih sempurna. Biasanya dalam sebuah mesin terdapat dua buah sensor oksigen. Tujuannya, agar pembacaan lebih akurat.

3. WTS (Water Temperature Sensor)

http://izha28twosra.blogspot.co.id/

Water temperature sensor (WTS) atau Engine Coolant Temperature (ECT) adalah sensor yang berguna untuk mendeteksi suhu air pendingin. Suhu air pendingin mengimplementasikan suhu mesin. WTS akan menjaga suhu mesin tersebut agar tidak berlebihan melalui sistem pendingin. Sinyal dari WTS akan digunakan untuk menghidupkan cooling fan untuk mendinginkan radiator. Biasanya dalam sebuah mesin terdapat dua buah WTS. Pertama terletak sebelum radiator yang berfungsi mendeteksi suhu air pendingin dari mesin. Sensor kedua terletak setelah radiator berfungsi untuk mengoreksi pendinginan dari radiator.

4. Brake pedal sensor

http://www.getcarspareparts.com/

Sensor berikutnya juga secara tidak langsung berhubungan dengan kinerja mesin. Brake pedal sensor akan mendeteksi apakah pedal rem berada pada posisi terinjak atau tidak. Pada mobil-mobil matic, pedal rem akan menentukan saat starting. Saat pedal rem tidak terinjak, maka mobil tidak akan bisa strart.

5. Fuel rail pressure sensor

https://www.amazon.com/

Fuel rail pressure sensor adalah komponen sensor yang akan mendeteksi tekanan bahan bakar pada fuel rail di mesin diesel. Sensor ini hanya terdapat pada mesin diesel yang mengusung sistem common rail. Fungsi utama sensor ini adalah untuk menentukan pompa tekanan tinggi untuk memompa agar tidak terjadi over pressure pada fuel rail. Jika tekanan fuel rail berlebihan, berakibat pada penyemprotan bahan bakar di injector juga berlebih yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan berpotensi merusak injector. Sehingga pada mesin diesel sensor ini terbilang penting.

Itulah beberapa sensor yang ada di mobil era jaman sekarang. Bila ingin menyewakan motor atau mencari motor klik aja www.sharetrans.id tempat sewa kendaraan dengan harga terjangkau dan yang pasti gak pake ribetttt (yoga&rizky)

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer